selamat datang di website resmi Desa Leranwetan Kecamatan Palang Kabupaten Tuban

Artikel

Pengantar Akta Kematian

13 Juni 2018 19:25:20  admin  17.632 Kali Dibaca 

Penduduk yang meninggal harus dilaporkan untuk dihapus. Jika tidak lapor akan tetap tersimpan di daftar kependudukan.

Tujuan pembuatan akta kematian
  1. Untuk mencegah data data almarhum di salah gunakan oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab.
  2. Bagi pemerintah tujuannya untuk memastikan keakuratan Data Penduduk Potensial Pemilih dalam rangka pemilihan umum atau pilkada, jangan sampai orangnya udah meninggal tetap mendapatkan hak suara.

Data Penduduk yang dilaporkan kematiannya akan dihapuskan dari Kartu Keluarga dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang pernah dimiliki segera dinon-aktifkan secara sistem agar tidak disalah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Sebagai hasil pelaporan kematian, diterbitkanlah Kartu Keluarga baru dan Akta Kematian.

Setiap peristiwa kematian wajib dilaporkan ke kelurahan selambat-Iambatnya 3 (tiga) hari sejak tanggal kematian.

Akta kematian dibutuhkan sebagai syarat untuk:

  1. Mengurus Penetapan Ahli Waris
  2. Mengurus Pensiunan Janda/Duda
  3. Mengurus Klaim Asuransi.
  4. Persyaratan untuk melaksanakan Perkawinan kembali
 

Persyaratan membuat akta kematian

Untuk mendapatkan Pelayanan Pencatatan Kematian harus melengkapi persyaratan berikut

Persyaratan untuk pencatatan kematian WNI:

  1. Surat Keterangan Kematian dari kelurahan;
  2. Surat Keterangan Kematian dari rumah sakit, puskesmas atau visum dokter;
  3. Asli; dan Fotokopi KK dan KTP almarhum dan pemohon;
  4. Asli dan Fotokopi Kutipan Akta Perkawinan/akta nikah, dalam hal yang meninggal sudah kawin; dan
  5. Asli dan Fotokopi Kutipan Akta Kelahiran yang meninggal.

Persyaratan pencatatan kematian Orang Asing :

  1. Surat Keterangan Kematian dari rumah sakit, puskesmas, atau visum dokter;
  2. Asli dan Fotokopi KK dan KTP bagi pemegang ITAP;
  3. Asli dan Fotokopi SKTT dan SKSKPS bagi pemegang ITAS;
  4. Asli dan Fotokopi Paspor bagi Orang Asing yang memiliki Izin Kunjungan;
  5. Asli dan Fotokopi Kutipan Akta Perkawinan, dalam hal yang meninggal sudah kawin; dan
  6. Asli dan Fotokopi Kutipan Akta Kelahiran yang meninggal.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Update Covid-19 Kab. Tuban

[removed][removed]

Aparatur Desa

Wilayah Desa

Leranwetan Bisa

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:442
    Kemarin:262
    Total Pengunjung:241.796
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.208.187.128
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

15 Maret 2022 | 1.250 Kali
LAPORAN REALISASI APBDESA TAHUN ANGGARAN 2021
15 Maret 2022 | 488 Kali
APBDESA LERANWETAN TAHUN ANGGARAN 2022
11 November 2021 | 366 Kali
HARI JADI TUBAN KE 728
03 Juli 2021 | 650 Kali
PPKM DARURAT
12 Juni 2021 | 1.173 Kali
SDGs Desa
28 Januari 2021 | 519 Kali
LAPORAN REALISASI APBDES 2020
05 Januari 2021 | 510 Kali
APBDES 2021
24 Agustus 2016 | 20.123 Kali
Struktur Organisasi Perangkat Desa
30 April 2014 | 19.634 Kali
Kelompok Tani
26 Agustus 2016 | 18.431 Kali
Sejarah Desa
30 April 2014 | 18.415 Kali
RT RW
30 April 2014 | 18.378 Kali
RPJM Desa
30 April 2014 | 17.992 Kali
Karang Taruna
27 Januari 2020 | 17.894 Kali
Telpon Penting
01 April 2020 | 1.087 Kali
PENJELASAN TERKAIT ISOLASI DIRI SENDIRI 14 HARI
27 Juni 2018 | 17.643 Kali
Pindah Kependudukan
30 April 2014 | 17.671 Kali
LinMas
23 Agustus 2019 | 660 Kali
Anggaran Internet Untuk Desa, Wajib Masuk APBDES
30 April 2014 | 17.649 Kali
LPMD
29 Juli 2013 | 17.674 Kali
BPD
15 Maret 2022 | 1.250 Kali
LAPORAN REALISASI APBDESA TAHUN ANGGARAN 2021