Sejarah Desa

Setiap desa pasti memiliki sejarahnya masing-masing demikian halnya dengan Desa Leranwetan. Sejarah asal muasal desa seringkali tertuang dalam dongeng-dongeng yang diwariskan secara turun-temurun dan disampaikan dari mulut kemulut. Sehingga sulit dibuktitkan kebenarannya secara fakta.

Dongeng tentang asal muasal Desa Leranwetan diantaranya yang paling populer adalah Pada pertengahan abad ke 18 paska Perang Pajang yaitu perang besar di tanah Jawa antara bangsawan kesultanan Pajang, banyak  bangsawan dan tentara yang melarikan diri dari kerajaan akibat perang saudara. Salah  satu daerah pelarian adalah Tuban.

Dalam perjalanan ke Tuban para bangsawan dan prajurit Pajang berhenti dan beristirahat untuk mencari tempat yang aman. Dimana prajurit tersebut sempat mondar mandir (Kleleran) kesana kemari. Salah satu tempat peristirahatan bangsawan tentara Pajang adalah petilasan yang ada di Sumur dalem. Di petilasan tersebut dibuat sumur untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. Untuk mengenang peristiwa tersebut dan menandai daerah tersebut akhirnya para bangsawan tersebut menamai daerah tersebut dengan Leranwetan.

Sejarah Pemerintahan Desa :

Pada zaman penjajahan Belanda Desa Leranwetan terbagi dalam 5 Dusun yang terdiri dari dusun Leranwetan Krajan, dusun Leranwetan, dusun karangdowo timur, dusun karangdowo barat, dan dusun karanglangon. Tiap dusun dipimpin oleh seorang kamituwo.

Seiring dengan  perkembangan zaman kelima dusun tersebut berubah menjadi tiga dusun yaitu dusun Leranwetan, Dusun Karangdowo dan dusun Karanglangon. Sejak terbentuk Desa Leranwetan telah mengalami pergantian kepemimpinan (Kepala Desa)  sebagai berikut :

  • Tahun 1931 – 1958, Desa Leranwetan dipimpin oleh Trunodjojo Kadam
  • Tahun 1958 – 1964, Desa Leranwetan dipimpin oleh Karmono
  • Tahun 1964 – 1967, Desa Leranwetan dipimpin oleh Ambar
  • Tahun 1967 – 1990, Desa Leranwetan dipimpin oleh Hadi Soedirmanto
  • Tahun 1990 – 1998, Desa Leranwetan dipimpin oleh Sutoyo
  • Tahun 1998 Delapan bulan, Desa Leranwetan dipimpin oleh Runcoko
  • Tahun 1999 – 2007, Desa Leranwetan dipimpin oleh Joko Basuki Rahmad
  • Tahun 2007 Lima bulan, Desa Leranwetan dipimpin oleh Sujito
  • Tahun 2007 – sekarang, Desa Leranwetan dipimpin oleh Budi Utomo

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)