selamat datang di website resmi Desa Leranwetan Kecamatan Palang Kabupaten Tuban

Artikel

MANFAAT WEBSITE DESA

16 November 2019 19:00:12  admin  319 Kali Dibaca  Berita Desa

Semakin berkembangnya teknologi di Indonesia, saat ini keberadaan website sudah sangat diperlukan oleh sebuah desa. Salah satu manfaat website bagi desa yakni sebagai sarana informasi desa (SID). Selain itu, keberadaan website desa ini juga merupakan salah satu amanat yang tertuang dalam Undang-Undang Desa Nomor Tahun 2014. Bahkan, pemerintah juga meminta untuk memprioritaskan SID sebagai salah satu bentuk utama kegiatan desa yang tertuang  dalam permendes 22 Tahun 2016.

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi terutama internet saat ini membawa kemajuan yang sangat pesat di berbagai bidang kehidupan. Dengan adanya website membantu banyak pihak dari individu, organisasi, pemerintah bahkan swasta untuk bisa menghadirkan informasi terkini melalui media digital. Hal ini pun yang semakin menjadi perhatian khusus bagi pemerintah desa untuk mengembangkan pelayanan dan meningkatkan berbagai aspek kehidupan masyarakat. Ada banyak manfaat website untuk desa yang dapat membantu kemajuan desa tersebut, apa saja manfaatnya? Berikut informasi selengkapnya.

Pemerintah kini semakin menyadari besarnya manfaat website untuk desa, hal ini dibuktikan dengan peluncuran ekstensi domain desa.id sebagai ekstensi domain resmi untuk website desa yang ada. Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah mulai serius untuk memfasilitasi desa dalam mengembangkan layanan dan informasi berbasis website. Berikut ini manfaat website untuk desa yang sangat penting untuk anda ketahui.

Saat ini desa-desa di Indonesia berlomba-lomba untuk menciptakan inovasi desa guna meningkatkan taraf ekonomi masyarakat desa. Apalagi didukung dengan dana desa yang lumayan besar setiap tahunnya. Maka sudah selayaknya, desa-desa dapat memanfaatkan sarana internet sebagai sumber menyebarkan informasi desa.

Jika hal ini dilakukan dengan baik, maka masyarakat bisa berperan aktif sebagai citizen journalism. Meliput setiap persitiwa, perkembangan maupun masalah yang dihadapi di desanya.

Disisi lain, pemerintah pun memiliki sumber informasi yang bisa langsung dilihat dan dicek kebenarannya. Ini bermanfaat dalam persoalan yang dihadapi dalam melaksanakan pembangunan.

Perlu diketahui sejumlah manfaat yang ditemukan pada Web Desa antara lain:

  • Mengenalkan profil desa kepada masyarakat dan pengunjung yang     menggunakan internet sebagai media informasi.
  • Pada situs tersebut pemerintah desa dapat mempromosikan potensi desa seperti  Pertanian, Perkebunan, hasil laut, UMKM maupun tempat wisata.
  • Menginformasikan struktur lembaga pemerintah desa seperti LPMD dan BPD.
  • Membantu BPS dalam pendataan rumah tangga.
  • Publikasi kegiatan desa.

Selain hal diatas lebih jelas lagi manfaat Web Desa adalah :

  1. Sarana Menunjukkan Kondisi Desa

Masalah pemerataan pembangunan, pendidikan, dan lainnya masih menjadi masalah yang cukup serius di Indonesia. Hal ini bisa saja terjadi bukan karena tidak adanya dana atau tidak tepat sasaran. Namun, bukan tidak mungkin hal ini terjadi karena tidak adanya informasi terkait situasi dan kondisi desa Anda. Salah satu solusi yang bisa Anda lakukan adalah membuat website desa.

Pemerintah desa bisa memberikan informasi terkait situasi dan kondisi yang ada di desa dalam website tersebut, baik itu kelebihan maupun kekurangan. Dengan demikian, pemerintah kota atau bahkan pusat bisa mengetahui situasi dan kondisi desa Anda. Jika ada kondisi yang tidak memadai, bukan tidak mungkin dana akan mengalir ke desa Anda.

  1. Publikasi Kegiatan Desa

Masyarakat desa berhak tahu apa saja program yang telah dilaksanakan oleh pemerintah desa. Selain itu, pemerintah desa juga pasti memiliki program yang akan dilakukan di kemudian hari. Untuk itu, pemerintah desa dapat mempublikasikan kegiatan desa tersebut di website desa sehingga masyarakat mengetahui berbagai program tersebut.

  1. Meningkatkan Pelayanan Desa Lebih Baik

Berbagai pelayanan desa bisa dipublikasikan melaluiwebsitedesa tersebut. Selain itu, website ini juga memungkinkan pemerintah desa bisa membuka pelayanan berbasis online. Dengan demikian, masyarakat dipermudah dalam menggunakan berbagai layanan dari desa tanpa harus datang atau mengantri di kantor pemerintah desa.

Salah satu contoh pelayanan tersebut yaitu adanya pelayanan surat keterangan yang jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan cara manual. Hal ini dikarenakan adanya sistem informasi desa (SID) membuat data warga bisa disimpan. Nah, jika ada warga yang ingin membuat surat keterangan, data tersebut dapat diisikan secara otomatis dan surat bisa dicetak secara langsung. Dengan ini, tugas pemerintah desa bisa terbantu dan masyarakat juga lebih puas dengan adanya pelayanan cepat tersebut.

  1. Sumber Data Dan Informasi Tentang Desa 24 Jam

Website desa juga bisa diisi dengan berbagai informasi terkini mengenai segala hal yang terjadi di desa. Dengan demikian, masyarakat mengetahui kondisi terkini di desanya. Beberapa informasi tersebut misalnya ada pemerintah kota yang hadir ke desa, maraknya pencurian sehingga masyarakat diminta lebih berhati-hati, dan informasi lainnya.

  1. Media Pengaduan Dan Penerima Aspirasi Masyarakat

Masyarakat juga berhak melakukan pengaduan jika ada layanan yang dirasa kurang optimal. Dengan demikian, pemerintah desa bisa melakukan perbaikan layanan sehingga dapat lebih baik lagi ke depannya. Masyarakat juga akan merasa lebih nyaman dengan layanan tersebut. Nah, untuk memudahkan masyarakat melakukan hal tersebut, pemerintah desa bisa memberikan layanan pengaduan melalui website. Manfaat website bagi desa memang sangat luar biasa.

  1. Media Pemasaran Potensi Desa

Website desa juga memungkinkan sebagai sarana promosi desa. Jika desa Anda memiliki suatu keunikan atau potensi sumber daya alam serta manusia, website dapat digunakan untuk mempromosikan berbagai keunikan dan sumber daya tersebut. Beberapa sumber daya tersebut misalnya wisata, UKM, atau kerajinan tangan masyarakat yang bisa untuk dijual. Dengan melakukan hal ini, bukan tidak mungkin kesejahteraan masyarakat desa bisa ditingkatkan.

  1. Media Pelaporan ProgressPembangunan

Setiap desa pasti memiliki program pembangunan dalam rangka memajukan desanya. Di sisi lain, masyarakat desa berhak tahu sampai mana progress pembangunan yang telah dilakukan oleh pemerintah desa. Untuk itu, pelaporan progress pembangunan diperlukan. Nah, dengan adanya website desa, pemerintah desa dapat melakukan hal tersebut dengan lebih mudah.

  1. Media Informasi Kepada Masyarakat

Biasanya pemerintah desa bingung untuk menyampaikan informasi kepada masyarakatnya. Nah, dengan memiliki website desa, pemerintah dapat melakukan hal tersebut dengan mudah. Jadi, informasi tersebut bisa ditampilkan di website desa sehingga masyarakat bisa mengetahui mengenai informasi tersebut.

  1. Warga Dapat Lebih Berpartisipasi Aktif Dalam Pembangunan Desa

Ketersediaan informasi desa yang mudah diakses dapat meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pembangunan desa. Hal ini dikarenakan warga bisa mengetahui kegiatan yang sedang berjalan dan juga program yang sedang direncanakan. Dengan demikian, warga dapat turut memberi usul atau masukan lain serta mengawal berbagai kegiatan tersebut.

  1. Kantor Desa Lebih Efektif

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa SID menyimpan semua data lengkap warga. Dengan hal ini dapat memudahkan pemerintah desa dalam melakukan suatu program yang diinginkan agar dapat tepat sasaran. Hal ini dikarenakan, adanya data pada SID dapat membantu pemerintah desa untuk memilah data penduduk sesuai dengan kriteria yang diinginkan.  Hal ini tentu sulit dilakukan secara manual karena penentuan sasaran dilakukan tanpa berbasis data atau dengan kira-kira.

Semoga dengan adanya website desa semakin menunjang desa agar berjalan lebih maju dan terdepan (KS).

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Update Covid-19 Kab. Tuban

[removed][removed]

Aparatur Desa

Wilayah Desa

Leranwetan Bisa

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:293
    Kemarin:306
    Total Pengunjung:111.959
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.236.51.151
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

03 Juli 2021 | 188 Kali
PPKM DARURAT
12 Juni 2021 | 241 Kali
SDGs Desa
28 Januari 2021 | 94 Kali
LAPORAN REALISASI APBDES 2020
05 Januari 2021 | 98 Kali
APBDES 2021
01 Januari 2021 | 151 Kali
DESA LERANWETAN Surat Menyurat dengan Tanda Tangan Elektronik (TTE)
04 Agustus 2020 | 226 Kali
PERDES LEMBAGA KEMASYARAKATAN DESA LERANWETAN
15 Juli 2020 | 168 Kali
PERDES KEWENANGAN DESA LERANWETAN
30 April 2014 | 17.558 Kali
RT RW
30 April 2014 | 17.494 Kali
Kelompok Tani
30 April 2014 | 17.440 Kali
RPJM Desa
26 Agustus 2016 | 17.417 Kali
Sejarah Desa
24 Agustus 2016 | 17.321 Kali
Struktur Organisasi Perangkat Desa
20 April 2014 | 17.239 Kali
Pengantar e-KTP
27 Januari 2020 | 17.216 Kali
Telpon Penting
26 Agustus 2016 | 17.417 Kali
Sejarah Desa
20 Juni 2018 | 17.088 Kali
Pengantar SKTM
24 Desember 2018 | 421 Kali
SK Operator Web Desa
24 Agustus 2016 | 17.321 Kali
Struktur Organisasi Perangkat Desa
15 Juli 2020 | 168 Kali
PERDES KEWENANGAN DESA LERANWETAN
30 April 2014 | 17.558 Kali
RT RW
24 September 2019 | 232 Kali
Dukung Tuban Sebagai Smart City, Diskominfo Gelar Bimtek