selamat datang di website resmi Desa Leranwetan Kecamatan Palang Kabupaten Tuban

Artikel

Pengantar Akta Kematian

13 Juni 2018 19:25:20  admin  17.084 Kali Dibaca 

Penduduk yang meninggal harus dilaporkan untuk dihapus. Jika tidak lapor akan tetap tersimpan di daftar kependudukan.

Tujuan pembuatan akta kematian
  1. Untuk mencegah data data almarhum di salah gunakan oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab.
  2. Bagi pemerintah tujuannya untuk memastikan keakuratan Data Penduduk Potensial Pemilih dalam rangka pemilihan umum atau pilkada, jangan sampai orangnya udah meninggal tetap mendapatkan hak suara.

Data Penduduk yang dilaporkan kematiannya akan dihapuskan dari Kartu Keluarga dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang pernah dimiliki segera dinon-aktifkan secara sistem agar tidak disalah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Sebagai hasil pelaporan kematian, diterbitkanlah Kartu Keluarga baru dan Akta Kematian.

Setiap peristiwa kematian wajib dilaporkan ke kelurahan selambat-Iambatnya 3 (tiga) hari sejak tanggal kematian.

Akta kematian dibutuhkan sebagai syarat untuk:

  1. Mengurus Penetapan Ahli Waris
  2. Mengurus Pensiunan Janda/Duda
  3. Mengurus Klaim Asuransi.
  4. Persyaratan untuk melaksanakan Perkawinan kembali
 

Persyaratan membuat akta kematian

Untuk mendapatkan Pelayanan Pencatatan Kematian harus melengkapi persyaratan berikut

Persyaratan untuk pencatatan kematian WNI:

  1. Surat Keterangan Kematian dari kelurahan;
  2. Surat Keterangan Kematian dari rumah sakit, puskesmas atau visum dokter;
  3. Asli; dan Fotokopi KK dan KTP almarhum dan pemohon;
  4. Asli dan Fotokopi Kutipan Akta Perkawinan/akta nikah, dalam hal yang meninggal sudah kawin; dan
  5. Asli dan Fotokopi Kutipan Akta Kelahiran yang meninggal.

Persyaratan pencatatan kematian Orang Asing :

  1. Surat Keterangan Kematian dari rumah sakit, puskesmas, atau visum dokter;
  2. Asli dan Fotokopi KK dan KTP bagi pemegang ITAP;
  3. Asli dan Fotokopi SKTT dan SKSKPS bagi pemegang ITAS;
  4. Asli dan Fotokopi Paspor bagi Orang Asing yang memiliki Izin Kunjungan;
  5. Asli dan Fotokopi Kutipan Akta Perkawinan, dalam hal yang meninggal sudah kawin; dan
  6. Asli dan Fotokopi Kutipan Akta Kelahiran yang meninggal.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Update Covid-19 Kab. Tuban

[removed][removed]

Aparatur Desa

Wilayah Desa

Leranwetan Bisa

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:88
    Kemarin:391
    Total Pengunjung:102.956
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.197.197.23
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

03 Juli 2021 | 146 Kali
PPKM DARURAT
12 Juni 2021 | 165 Kali
SDGs Desa
28 Januari 2021 | 67 Kali
LAPORAN REALISASI APBDES 2020
05 Januari 2021 | 68 Kali
APBDES 2021
01 Januari 2021 | 115 Kali
DESA LERANWETAN Surat Menyurat dengan Tanda Tangan Elektronik (TTE)
04 Agustus 2020 | 160 Kali
PERDES LEMBAGA KEMASYARAKATAN DESA LERANWETAN
15 Juli 2020 | 126 Kali
PERDES KEWENANGAN DESA LERANWETAN
30 April 2014 | 17.462 Kali
RT RW
30 April 2014 | 17.374 Kali
Kelompok Tani
30 April 2014 | 17.348 Kali
RPJM Desa
26 Agustus 2016 | 17.306 Kali
Sejarah Desa
24 Agustus 2016 | 17.236 Kali
Struktur Organisasi Perangkat Desa
20 April 2014 | 17.207 Kali
Pengantar e-KTP
27 Januari 2020 | 17.154 Kali
Telpon Penting
24 Agustus 2016 | 17.056 Kali
Visi dan Misi
20 April 2014 | 17.112 Kali
Pengantar Nikah
14 November 2019 | 302 Kali
Ambulance Desa Leranwetan untuk Warga
26 Desember 2018 | 229 Kali
SK Operator Siskuedes
20 April 2020 | 2.305 Kali
Cara mendaftar BDT / DTKS secara Mandiri
22 April 2020 | 230 Kali
KARTU PRA KERJA
06 Januari 2020 | 380 Kali
LAPORAN APBDesa TAHUN ANGGARAN 2020