Segenap Jajaran Struktur Organisasi Tata Kerja Pemerintah Desa Leranwetan mengucapkan SELAMAT DAN SUKSES atas pelantikan Aditya Halindra Faridzki SE, (Sebagai Bupati Tuban) & H. Riyadi SH. (Sebagai Wakil Bupati Tuban) Periode 2021-2026 ~ LERANWETAN SMART VILLAGE http://leranwetan-palang.desa.id/

Artikel

Pengantar Akta Kematian

13 Juni 2018 19:25:20  admin  16.997 Kali Dibaca 

Penduduk yang meninggal harus dilaporkan untuk dihapus. Jika tidak lapor akan tetap tersimpan di daftar kependudukan.

Tujuan pembuatan akta kematian
  1. Untuk mencegah data data almarhum di salah gunakan oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab.
  2. Bagi pemerintah tujuannya untuk memastikan keakuratan Data Penduduk Potensial Pemilih dalam rangka pemilihan umum atau pilkada, jangan sampai orangnya udah meninggal tetap mendapatkan hak suara.

Data Penduduk yang dilaporkan kematiannya akan dihapuskan dari Kartu Keluarga dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang pernah dimiliki segera dinon-aktifkan secara sistem agar tidak disalah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Sebagai hasil pelaporan kematian, diterbitkanlah Kartu Keluarga baru dan Akta Kematian.

Setiap peristiwa kematian wajib dilaporkan ke kelurahan selambat-Iambatnya 3 (tiga) hari sejak tanggal kematian.

Akta kematian dibutuhkan sebagai syarat untuk:

  1. Mengurus Penetapan Ahli Waris
  2. Mengurus Pensiunan Janda/Duda
  3. Mengurus Klaim Asuransi.
  4. Persyaratan untuk melaksanakan Perkawinan kembali
 

Persyaratan membuat akta kematian

Untuk mendapatkan Pelayanan Pencatatan Kematian harus melengkapi persyaratan berikut

Persyaratan untuk pencatatan kematian WNI:

  1. Surat Keterangan Kematian dari kelurahan;
  2. Surat Keterangan Kematian dari rumah sakit, puskesmas atau visum dokter;
  3. Asli; dan Fotokopi KK dan KTP almarhum dan pemohon;
  4. Asli dan Fotokopi Kutipan Akta Perkawinan/akta nikah, dalam hal yang meninggal sudah kawin; dan
  5. Asli dan Fotokopi Kutipan Akta Kelahiran yang meninggal.

Persyaratan pencatatan kematian Orang Asing :

  1. Surat Keterangan Kematian dari rumah sakit, puskesmas, atau visum dokter;
  2. Asli dan Fotokopi KK dan KTP bagi pemegang ITAP;
  3. Asli dan Fotokopi SKTT dan SKSKPS bagi pemegang ITAS;
  4. Asli dan Fotokopi Paspor bagi Orang Asing yang memiliki Izin Kunjungan;
  5. Asli dan Fotokopi Kutipan Akta Perkawinan, dalam hal yang meninggal sudah kawin; dan
  6. Asli dan Fotokopi Kutipan Akta Kelahiran yang meninggal.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Update Covid-19 Kab. Tuban

[removed][removed]

Aparatur Desa

Wilayah Desa

Leranwetan Bisa

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:3
    Kemarin:201
    Total Pengunjung:78.394
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.236.170.171
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

18 Juni 2021 | 3 Kali
Bupati Baru
12 Juni 2021 | 36 Kali
SDGs Desa
28 Januari 2021 | 16 Kali
LAPORAN REALISASI APBDES 2020
05 Januari 2021 | 9 Kali
APBDES 2021
04 Agustus 2020 | 61 Kali
PERDES LEMBAGA KEMASYARAKATAN DESA LERANWETAN
15 Juli 2020 | 45 Kali
PERDES KEWENANGAN DESA LERANWETAN
03 Juli 2020 | 472 Kali
DESA LERANWETAN DIKUKUHKAN SEBAGAI DESA TANGGUH BENCANA
30 April 2014 | 17.145 Kali
Kelompok Tani
20 April 2014 | 17.139 Kali
Pengantar e-KTP
30 April 2014 | 17.122 Kali
RPJM Desa
26 Agustus 2016 | 17.089 Kali
Sejarah Desa
30 April 2014 | 17.084 Kali
RT RW
30 April 2014 | 17.046 Kali
Karang Taruna
26 Agustus 2016 | 17.037 Kali
Wilayah Desa
27 Januari 2020 | 17.024 Kali
Telpon Penting
30 April 2014 | 17.122 Kali
RPJM Desa
20 April 2014 | 17.000 Kali
Pengantar AKTA
20 April 2014 | 17.013 Kali
Pengantar KK
30 Desember 2019 | 56 Kali
LAPORAN APBDesa TAHUN ANGGARAN 2020
20 April 2014 | 17.139 Kali
Pengantar e-KTP
08 November 2019 | 176 Kali
Tuban Ikuti Ajang Gelaran Pameran Smart City di Jakarta